Prospek Lulusan

Profil dan Kompetensi Lulusan

No Profil Lulusan Deskripsi Profil Lulusan
1. Akademisi Di Bidang Administrasi Publik Akademisi yang mampu menguasai filosofi ilmu dan keilmuan dalam administrasi publik metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif dan kombinasi. Kemampuan yang dimiliki tersebut digunakan dalam rangka a)mendesain konsep model, strategi atau inovasi dalam bidang kebijakan dan tata kelola sector public, b) mengembangkan pengetahuan dalam bidang ilmu administrasi public melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original dan teruji dan c) menyusun rencana strategis implementasi sebuah kebijakan baik dalam jangka menengah (berupa peta jalan/roadmap) maupun jangka panjang (berupa desain besar/grand desain)
2. Konsultan Di Bidang Administrasi Publik Konsultas yang mampu menguasai filosofi ilmu dan keilmuan dalam administrasi publik metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif dan kombinasi. Kemampuan tersebut digunakan untuk a) menyusun rencana strategis implementasi sebuah kebijkan baik dalam jangka menengah (berupa peta jalan/roadmap) maupun jangka panjang (berupa desain besar/grand desain), b) mendesain system monitoring dan evaluasi kebijakan public untuk mengetahui hasil (outcome) dan dampak (impact) dari sebuah kebijakan,c) mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian dalam bidang administrasi public dengan memnggunakan metode kuantitatif, kualitatif, campuran atau berfikir system serta mampu mendapat pengakuan nasioal maupun internasional, dan d) menyusun dan melaksanakan rencana perubahan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan metode dalam perspektif governansi public
3. Peneliti Di Bidang Administrasi Publik Peneliti yang mampu menguasai filosofi ilmu dan keilmuan dalam administrasi publik metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif dan kombinasi. Kemampuan yang dimiliki tersebut digunakan dalam rangka a)mendesain konsep model, strategi atau inovasi dalam bidang kebijakan dan tata kelola sector public, b) mengembangkan pengetahuan dalam bidang ilmu administrasi public melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original dan teruji dan c) memecahkan permasalahan dalam bidang administrasi public melalui pendekatan inter, multi atau transdisiplin

 

Capaian Pembelajaran :

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama,dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  10. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  11. Menginternalisasi sikap profesionalitas dan integritas

 

PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai filosofi ilmu dan keilmuan dalam administrasi public
  2. Mengusai filosofi teori reformasi administrasi, organisasi, governansi public, kebijakan public, manajemen public, manajemen strategic, serta perubahan manajemen dan pemecahan masalah
  3. Menguasai metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif dan kombinasi